Minggu, 31 Januari 2010

Indera ke enam, adakah?

tau kah kawan, jika ada seseorang mengatakan bahwa dia memiliki indera keenam dan merasa lebih baik dari orang lain, maka katakan lah, kau tidak lebih lebih baik dari diriku atau orang lain, karena aku dan orang lain setidaknya memiliki 10 indera!!

jangan mau tertipu oleh para peramal itu kawan, ataupun mentalis yang jidatnya lebih besar dari lapangan wimbeldon, karena kau memang memiliki lebih dari 10 indera.

kesalahan itu bermula dari seorang pemikir hebat dari yunani, murid dari plato dan guru dari iskandar agung (alexander the great), ya kawan, aristotle adalah orang pertama yang mendefinisikan kelima indra yang selama ini kita ketahui; pengelihatan, penciuman, peraba/sentuhan, rasa, dan pendengaran.



aristotle mungkin tidak salah, (bagaimana bisa kau menyalahkan orang yang namanya dipakai untuk menginspirasi namamu?) tapi dia melupakan bagaimana dia bisa berjalan lurus tanpa terjatuh, atau bagaimana dia bisa merasakan sakit diperut karena makanan basi yang dimakannya, atau bagaimana dia mengetahui bahwa kereta kuda yang dinaikinya sedang berjalan, padahal dia memejamkan matanya. Hal2 kecil yang tidak disadari tetapi membuat kita merasa sebagai penyihir! kita mengetahui dan merasakan tanpa menggunakan indera yang lima itu!

oh ok, mungkin kalian mengetahui indera-indera apa yang ku maksud, tapi coba ku bantu kau untuk menjelaskan kepada teman2 kita yang belum mengetahuinya:

KESEIMBANGAN dan PERCEPATAN

indera ini sebenarnya sudah kau pelajari saat sekolah dulu kawan, indera ini terdapat pada labirin dalam kuping atau dulu kita menyebutnya utikulus, sakulus serta tiga saluran setengah lingkaran atau kanalis semisirkularis yang penuh bulu. apa yang kita rasakan dari indera ini katamu? banyak kawan, kita bisa merasakan momentum, percepatan, putaran dan gravitasi!

benturan dikepala, atau gerakan memutar tubuh secara simultan dapat membuat mu linglung dan kesulitan berjalan lurus kawan, seperti saat itu, ketika dulu kita bermain blind folded hide and seek, kita harus memutar2 tubuh mu dengan mata tertutup sebelum diperbolehkan untuk mengejar kami. apa hasilnya? kami tidak perlu repot2 menghindar karena kau terus terjatuh! haha..

saran ku kawan, jika lain kali kau pergi ke dufan, jangan sampai kuping mu ketinggalan dirumah.

RASA SAKIT

selama ini kita diajarkan bahwa reseptor rasa sakit terdapat pada organ terbesar dari tubuh kita yaitu kulit. tapi pernahkah kau berfikir kenapa kau bisa merasakan sakit di kepala? di perut? bagaimana dengan ginjal, paru2, jantung, betis, lengan dan semua bagian dari tubuhmu? ya kawan itu disebut indera rasa sakit. aneh bukan? tidak ada reseptor rasa sakit disana tapi kau merasakan sakit??

SUHU

apakah kau tau kawan? kemampuan kita untuk merasakan panas adalah indera.

tidak kawan, kau salah, kulit bukanlah indera panas. seluruh tubuh tidak hanya kulit, bisa merasakan panas dan ketidakadaan panas (dingin).

berbicara tentang dingin, aku ingin kau tahu bahwa tidak ada yang namanya dingin, dingin terjadi karena ketidakadaan panas. seperti kau ketahui, setiap benda terdiri dari atom2 yang terus bergerak, semakin panas benda tersebut semakin cepatlah pergerakan atomnya (atau sebaliknya). anyway, semakin pelan pergerakan atom tersebut kita menyebutnya semakin dingin. dan itu tadi, pergerakan atom semakin lambat karena ketidakadaan panas.

WAKTU

kita memiliki jam biologis kawan, itu lah sebabnya orang merasakan jetlag, jadi nanti ketika kelak kau menjejakkan kaki di eropa, jam tangan bukanlah satu2nya jam perlu kau atur ulang, jam biologis mu juga! tetapi pengaturan jam biologis memerlukan waktu, jadi jangan salahkan aku kalau selama beberapa hari kau tidak bisa tidur.. haha..

aku lupa apa pastinya jam biologis itu kawan, kurasa ada hubungannya dengan otak mu, sesuatu tentang perputaran yang terjadi di otak. jika satu menit ada enampuluh detik maka neuron2 di otakmu juga menyampaikan *apapun itu* dengan jumlah tertentu. inilah yang kita sebut sebagai jam biologis. jadi jangan heran jika sebelum kau tidur kau berniat untuk bangun jam 6 pagi dan kemudian kau benar2 terbangun jam 6 pagi TEPAT!!
*karena aku pernah mengalaminya kawan.

KEMAMPUAN UNTUK MENGETAHUI POSISI TUBUH

untuk menjelaskan indera ini aku akan minta bantuan mu kawan, coba kau pejamkan mata mu, lalu cobalah sentuh hidung mu dengan ujung jari.

hah.. kau bisa melakukannya kawan! hebat bukan?
what? kau pikir itu hal biasa?
coba pikir lagi kawan bagaimana kau bisa mengetahuinya padahal matamu tertutup?
itu indera kesepuluh mu kawan!

akan ku ceritakan hal yang mengerikan kawan, orang2 yang bagian tubuhnya telah diamputasi sering merasa bahwa tangannya atau kakinya masih disitu, padahal sudah tidak ada. mereka bahkan bisa merasakan gatal atau kesemutan pada kaki atau tangan yang sudah tidak mereka punyai lagi... creepy eh??

itu adalah sepuluh indera yang ku ketahui kawan, sebenarnya indera manusia lebih dari itu, tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah indera manusia, semuanya masih perdebatan, jadi untuk sementara akan ku tinggalkan kau untuk bersenang2 dengan 5 indera baru mu.


*akhirnya setelah sekian lama gw nulis lagi di blog ini. thanks to kang lurik dan blognya yang membuat gw inget bahwa gw punya blog.

itu semua bagian dari proses kawan... itu semua bagian dari pembelajaran

2 komentar:

kiki mengatakan...

cengar-cengir,,,,

kiki mengatakan...

just to make u hepi,,,cengar-cengir lagi,,,